Thursday, January 12, 2017

Artikel Cara Atasi Insomnia

Cara Atasi Insomnia
Oleh : Eli Ermawati
Apakah Anda mempunyai gangguan susah tidur? Jika  mempunyai gangguan susah tidur pada jam-jam normal itu merupakan gejala insomnia. Gangguan tidur ini ditandai dengan tidak dapat tidur pada malam hari sekalipun sangat lelah. Tidur tidak pernah nyenyak sehingga selalu merasa kurang tidur atau bahkan lelah saat bangun tidur, dan terbangun dari tidur terlalu dini. Gejala-gejala akibat insomnia adalah mudah marah, kelelahan, sakit kepala, pegal-pegal, lesu, lemah, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas dan sebagainya. Selain menyebabkan rasa mengantuk di siang hari, dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pada otak dan jantung akibat kekurangan oksigen. Dapat juga menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga mudah terserang penyakit. Lars Erik Laugsand seorang peneliti dari Norwegia mengemukakan bahwa dari hasil penelitian penderita insomnia dapat berisiko penyake  it jantung. Insomnia bisa disebabkan karena beberapa hal mulai dari stres atau adanya ganguan psikologis, pemakaian obat-obatan atau alkohol, kesehatan yang menurun, gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan dan kurangnya nutrisi seperti magnesium dan kalsium.
Untuk mengatasi insomnia, penderita memang tidak bisa secara langsung mengobatinya tetapi membutuhkan waktu serta dilakukan dengan perlahan –lahan. Banyak orang mengandalkan berbagai macam cara alami untuk mengatasi insomnia dari pada meminum obat tidur yang diresepkan oleh dokter, karena obat tidur dapat menimbulkan efek samping seperti ketergantungan. Ada beberapa cara untuk mengatasi insomnia. Salah satunya adalah dengan membuat ruang tidur atau tempat tidur terasa nyaman dan sesantai mungkin. Tidur di kasur yang nyaman, meredupkan lampu, tidak membawa pekerjaan atau laptop bahkan menonton TV di kamar tidur, karena semua ini dapat mengganggu tidur.
Menjauhi stres, apabila berada di bawah tekanan stres, baik fisik maupun mental, maka akan sulit untuk tidur dengan baik. Untuk mengatasi stres adalah dengan bermeditasi dan latihan pernafasan selama beberapa menit sebelum tidur atau melakukan yoga setiap hari. Meditasi merupakan salah satu cara yang ampuh untuk relaksasi. Meditasi merupakan latihan untuk melupakan semua permasalahan hidup, sehingga dalam pikiran hanya terfokus pada satu titik serta berpikiran yang jernih.
Memperhatikan pola makan dan minum. Beberapa orang memiliki kebiasaan minum kopi setelah makan malam. Minuman berkafein, seperti kopi dan teh, dapat membuat seseorang terjaga dalam waktu yang lama. Karena minuman berkafein dapat merangsang kerja otak. Jadi, hindarilah segala bentuk minuman berkafein setidaknya empat jam sebelum tidur. Tidak mengonsumsi makanan berlebih sebelum tidur, khususnya makanan tinggi protein. Mengonsumsi makanan yang cukup mengandung B kompleks, kalsium dan senyawa karbohidrat seperti yang ditemukan dalam sereal, roti, buah-buahan, dan sayuran serta minum segelas susu sebelum tidur. Buah pisang mempunyai kandungan triptofan yang bisa  mempercepat tidur dan tidur nyenyak karena hormon otak akan lebih tenang.
Menjaga pola tidur, penelitian telah menunjukkan bahwa apabila kita tidur pada waktu yang sama setiap hari dan bangun saat yang sama keesokan harinya, tubuh kita secara otomatis akan beradaptasi dengan rutinitas ini. Jadi anak-anak maupun orang dewasa harus mengikuti pola tidur yang tepat. Terlalu sering tidur larut malam (bergadang) dan jadwal tidur yang tidak teratur bisa menyebabkan sulit tidur di malam hari. Selain itu, hindari tidur siang apabila ingin mendapatkan durasi tidur yang lebih lama di malam hari.
Mendengarkan musik atau membaca buku. Penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik akan menenangkan pikiran. Bersantailah dan membuat kebiasaan mendengarkan musik lembut, tepat sebelum tidur. Membaca buku selama beberapa menit setiap malam, sampai  mengantuk dan tertidur. Ini adalah salah satu tips yang efektif untuk mengatasi insomnia.

Insomnia tidak serta merta bisa langsung disembuhkan tetapi membutuhkan waktu dan dapat dilakukan  secara perlahan-lahan. Membuat ruang tidur terasa nyaman, menjauhi stres, memperhatikan pola makan dan minum, menjaga pola tidur, mendengarkan musik dan membaca buku. Itulah beberapa tips untuk mengatasi insomnia. Namun, apabila terdapat kondisi yang semakin parah, maka segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan menyeluruh dan diagnosis lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment

Novel Bahasa Jawa "Tresno Waranggono"

                                                                           Tresno Waranggono “ Theng-theng” swara bel muni, kang tandane w...